Sudah berapa yakk..

Senin, 07 November 2011

BLOG

Pengertian Blog


Blog merupakan singkatan dari web-log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
                                           
Blog awalnya hanya berupa situs pribadi yang memuat kumpulan link situs favorit pemiliknya dan cenderung hanya sebagai tempat diary online saja. Namun seiring popularitas dan daya tariknya kini blog sudah berkembang menjadi suatu sumber berita atau informasi alternatif. Hal ini dikarenakan kemudahan pembuatannya yang WYSWYG (what you see is what you get) yang berarti kita akan mendapatkan sesuatu dari apa yang kita lihat, tanpa perlu bahasa pemrograman yang rumit. Kemudahan layanan bantuan pembuatan dan variasi halaman blog termasuk penyebarannya melalui jasa social networking membuat blog semakin populer.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,yaitu :
1.      Catatan harian, berisi catatan pribadi atau pengalaman-pengalaman seseorang yang kemudian dituangkan kedalam tulisan diblog. Contohnya, Didikhanan’s blog.
2.      Media publikasi dalam sebuah kampanye politik, digunakan untuk mempromosikan kepentingan suatu instansi atau partai. Contohnya blog kampanye Obama.
3.      Program-program media dan perusahaan-perusahaan, digunakan untuk mempromosikan produk-produk dari suatu perusahaan. Contohnya ebsoft.web.id , blog yang isinya promosi produk software komputer.
4.      Media pembelajaran, dimanfaatkan baik oleh pendidik, maupun peserta didik dalam belajar dan pembelajaran. Contonya fisikarudy.com. Berisi materi-materi fisika.

Saat ini blog tidak hanya di pakai oleh para siswa tingkat SMP,SMA maupun mahasiswa.Para guru juga tidak ketinggalan dalam membuat blog, hal ini dimungkinkan karena jasa pelatihan atau pengenalan blog pada berbagai kesempatan pelatihan IT atau internet pada guru. Para guru di Indonesia termasuk guru madrasah seharusnya dapat memaksimalkan penggunaan blog sebagai media alternatif penyampaian pengetahuan dan media pembelajaran online, untuk mengatasi masalah kurangnya jam pembelajaran konvensional di kelas. Bahkan konten materi blog yang bagus, informatif, inspiratif dan kaya sumber referensi serta bersifat tidak tertutup tersebut, tidak mustahil dapat diakses siapapun (bukan hanya diakses siswa dari sekolah tempat guru tersebut) dan itu artinya memungkinkan siapapun dapat berkontribusi positif serta memperkaya bahan pembelajaran, tidak hanya bagi siswa melainkan juga bagi guru itu sendiri. Dan itu sekaligus dapat menyebabkan nama blog dan pemilik blognya akan lebih dikenal luas di internet.

Jenis-Jenis Blog

1.      Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
2.      Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
3.      Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
4.      Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
5.      Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
6.      Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
7.      Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
8.      Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
9.      Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa, biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
10.   Blog agama: Membahas tentang agama.
11.   Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
12.   Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
13.   Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
14.   Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
15.   Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)


Metode-metode pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran

Pemanfaatkan blog dalam pembelajaran berarti menggunakan blog untuk kepentingan belajar dan pembelajaran. Beberapa metode pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran antara lain :

1.      Metode 1, yaitu blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut.
2.      Metode 2, yaitu blog guru dan murid yang saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki blog, mengharuskan murid memiliki blog-nya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik.
3.      Metode 3, yaitu komunitas blogger pemelajar. Ada sebuah blog sebagai pusat pembelajaran (blog dengan beberapa participant), dengan guru-guru dan siswa dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pemelajar tersebut.

Beberapa blog guru  yang telah menerapkan blog sebagai media pembelajaran :
2.      http://fisikarudy.com/
3.      http://history1978.wordpress.com/
4.      http://andimanwno.wordpress.com/

Oleh karena itu jika ditinjau dari penyampaian informasi dan untuk menggerakkan afeksi (motivasi untuk belajar), blog dapat dianggap sebagai suatu media pembelajaran, sumber belajar dan sumber informasi riset yang murah dibandingkan dengan media lain. Dengan menggunakan blog para guru dapat memberikan bahan pengajaran, memberikan alternatif cara mengakses sumber-sumber informasi lain secara tanpa batas dan menawarkan sumber pengayaan bahan dari beragam informasi yang sedang berkembang secara cepat setiap harinya. Blog juga sekaligus berfungsi sebagai media interaksi dan berdiskusi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, guru dengan guru lain, siswa dengan siswa lain dan seterusnya.

Metode Blog dan Contohnya


Hallo sahabat pelajar, maupun para pengajar yang ada di seantero Indonesia, belajar adalah suatu aktifitas untuk dapat mengetahui apapun yang ingin kita ketahui. Belajar tentunya memerlukan media dan sumber baik berupa buku ataupun seorang guru yang membagi ilmunya kepada kita, selain itu akhir-akhir ini sedang  marak-maraknya penggunaan internet yang sebagian besar digunakan oleh para pelajar seperti jejaring sosial maupun blog, nah blog sebenarnya dapat kita jadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran, ataupun media untuk memberikan pelajaran atau berbagi ilmu lho.

Pemanfaatan blog sebagai media belajar dan mengajar sedang bertumbuh secara pesat karena rata-rata penggunaan internet di Indonesia adalah para remaja serta pelajar, oleh karena itu media online seperti blog dirasa tepat sebagai media belajar maupun mengajar. Dalam memanfaatan penggunaan blog sebagai media pembelajaran juga menggunakan metode seperti yang kami kutip di situs ayongeblog.com dibawah ini :

Metode 1, yaitu blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Contoh dari guru yang telah menggunakan metode ini adalah Bapak Syafii Muhammad, Guru TIK SMPN 5 Balikpapan (gurusmp5.wordpress.com).
Metode 2, yaitu blog guru dan murid yang saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki blog, mengharuskan murid memiliki blog-nya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik. Contoh dari guru yang telah menggunakan metode ini adalah kang Awan Sundiawan, Guru Bahasa Indonesia SMA Kosgoro Kuningan Jawa Barat (awan965.wordpress.com).
Terakhir, Metode 3, yaitu komunitas blogger pembelajar. Ada sebuah blog sebagai pusat pembelajaran (bisa berupa blog aggregator atau blog dengan beberapa kontributor), dengan guru-guru dan siswa dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pembelajar tersebut. Sebuah blog yang agak mirip dengan konsep ini tapi belum dimanfaatkan sebagi media pembelajaran bagi para muridnya adalah blog pengajar.web.id.
Oleh karena itu blog ini hadir ditengah-tengah maraknya penggunaan internet di Indonesia sebagai media yang membantu para pelajar yang suka online sekaligus selalu ingin belajar, serta para pengajar yang ingin berbagi ilmunya kepada siapa saja.


Manfaat Blog

-          Blog melatih siswa dalam mengembangkan kreativitas menulis individu secara sistematis.
-          Blog sebagai media penarik minat. Artinnya blog menarik seseorang untuk menuliskan pengalaman-pengalaman dan minatnya.
-          Blog sebagai media menjaring network. Melalui blog, kita juga bisa menjalin jaringan network, terutama dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan hobi yang sama.  Dari situ kita bisa bertukar pengalaman dan informasi.
-          Blog  sebagai fungsi sosial. Artinya tulisan yang posting di blog adalah tulisan yang bernilai guna yang  dapat bermanfaat bagi orang lain yang membacanya.
-          Blog memberikan potensi untuk menjadi penulis yang handal. Karena sudah terbiasa menulis, pasti kemampuan merangkai kalimat si pengguna blog dalam menulis juga sudah terarah dengan baik.
-          Blog juga bermanfaat sebagai media promosi produk/jasa tertentu. Contohnya promosi peralatan komputer.
-          Blog dapat dijadikan media belajar alternatif seperti diskusi, forum dan lain-lain. Contohnya seperti guru/dosen yang menggunakan blog untuk kepentingan diskusi pelajaran/mata kuliah. Untuk kepentingan diskusi misalnya blog yang digunakan untuk mendiskusikan sebuah topik/konteks yang sedang hangat dibicarakan untuk kemudian dicari solusinya. Sedangkan forum contohnya seperti sharing atau konsultasi antara mahasiswa dengan dosen.

SSemoga kehadiran blog ini berguna bagi semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar