Pengertian Blog
Blog
merupakan singkatan dari web-log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu
baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet
sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Blog
awalnya hanya berupa situs pribadi yang memuat kumpulan link situs favorit
pemiliknya dan cenderung hanya sebagai tempat diary online saja. Namun seiring
popularitas dan daya tariknya kini blog sudah berkembang menjadi suatu sumber
berita atau informasi alternatif. Hal ini dikarenakan kemudahan pembuatannya
yang WYSWYG (what you see is what you get) yang berarti
kita akan mendapatkan sesuatu dari apa yang kita lihat, tanpa perlu bahasa
pemrograman yang rumit. Kemudahan layanan bantuan pembuatan dan variasi
halaman blog termasuk penyebarannya melalui jasa social networking membuat blog
semakin populer.
Blog
mempunyai fungsi yang sangat beragam,yaitu :
1.
Catatan harian, berisi catatan pribadi atau pengalaman-pengalaman seseorang yang
kemudian dituangkan kedalam tulisan diblog. Contohnya, Didikhanan’s blog.
2.
Media publikasi dalam sebuah kampanye
politik, digunakan untuk mempromosikan kepentingan suatu
instansi atau partai. Contohnya blog kampanye Obama.
3.
Program-program media dan
perusahaan-perusahaan, digunakan untuk mempromosikan produk-produk dari
suatu perusahaan. Contohnya ebsoft.web.id , blog yang isinya promosi produk
software komputer.
4.
Media pembelajaran, dimanfaatkan baik oleh pendidik, maupun peserta didik dalam belajar
dan pembelajaran. Contonya fisikarudy.com. Berisi materi-materi fisika.
Saat
ini blog tidak hanya di pakai oleh para siswa tingkat SMP,SMA maupun mahasiswa.Para
guru juga tidak ketinggalan dalam membuat blog, hal ini dimungkinkan karena
jasa pelatihan atau pengenalan blog pada berbagai kesempatan pelatihan IT atau
internet pada guru. Para guru di Indonesia termasuk guru madrasah seharusnya
dapat memaksimalkan penggunaan blog sebagai media alternatif penyampaian
pengetahuan dan media pembelajaran online, untuk mengatasi masalah kurangnya
jam pembelajaran konvensional di kelas. Bahkan konten materi blog yang bagus,
informatif, inspiratif dan kaya sumber referensi serta bersifat tidak tertutup
tersebut, tidak mustahil dapat diakses siapapun (bukan hanya diakses siswa dari
sekolah tempat guru tersebut) dan itu artinya memungkinkan siapapun dapat
berkontribusi positif serta memperkaya bahan pembelajaran, tidak hanya bagi
siswa melainkan juga bagi guru itu sendiri. Dan itu sekaligus dapat menyebabkan
nama blog dan pemilik blognya akan lebih dikenal luas di internet.
Jenis-Jenis Blog
1.
Blog politik: Tentang berita, politik,
aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
2.
Blog pribadi: Disebut juga buku harian
online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi
atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
3.
Blog bertopik: Blog yang membahas
tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
4.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang
kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita
kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
5.
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai
litblog (Literary blog).
6.
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan
cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang
perjalanan/traveling.
7.
Blog riset: Persoalan tentang akademis
seperti berita riset terbaru.
8.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau
urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
9.
Blog media: Berfokus pada bahasan
kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa, biasanya hanya untuk koran atau
jaringan televisi.
10. Blog agama: Membahas tentang agama.
11. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar
atau guru.
12. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis
oleh kelompok tertentu.
13. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link
halaman website.
14. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau
wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
15. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk
promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Metode-metode
pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran
Pemanfaatkan
blog dalam pembelajaran berarti menggunakan blog untuk kepentingan belajar dan
pembelajaran. Beberapa metode pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran
antara lain :
1. Metode
1, yaitu blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi
belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa
berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut.
2. Metode
2, yaitu blog guru dan murid yang saling berinteraksi. Guru, yang harus
memiliki blog, mengharuskan murid memiliki blog-nya masing-masing, sebagai
sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa
memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya
menjadi yang terbaik.
3. Metode
3, yaitu komunitas blogger pemelajar. Ada sebuah
blog sebagai pusat pembelajaran (blog
dengan beberapa participant), dengan guru-guru dan siswa dari
berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pemelajar tersebut.
Beberapa
blog guru yang telah menerapkan blog
sebagai media pembelajaran :
2.
http://fisikarudy.com/
3.
http://history1978.wordpress.com/
4.
http://andimanwno.wordpress.com/
Oleh karena itu jika ditinjau dari penyampaian
informasi dan untuk menggerakkan afeksi (motivasi untuk belajar), blog dapat
dianggap sebagai suatu media pembelajaran, sumber belajar dan sumber informasi
riset yang murah dibandingkan dengan media lain. Dengan menggunakan blog para
guru dapat memberikan bahan pengajaran, memberikan alternatif cara mengakses
sumber-sumber informasi lain secara tanpa batas dan menawarkan sumber pengayaan
bahan dari beragam informasi yang sedang berkembang secara cepat setiap
harinya. Blog juga sekaligus berfungsi sebagai media interaksi dan berdiskusi
antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, guru dengan guru lain, siswa dengan
siswa lain dan seterusnya.
Metode Blog dan Contohnya
Hallo sahabat pelajar, maupun para pengajar yang ada di seantero Indonesia, belajar adalah suatu aktifitas untuk dapat mengetahui apapun yang ingin kita ketahui. Belajar tentunya memerlukan media dan sumber baik berupa buku ataupun seorang guru yang membagi ilmunya kepada kita, selain itu akhir-akhir ini sedang marak-maraknya penggunaan internet yang sebagian besar digunakan oleh para pelajar seperti jejaring sosial maupun blog, nah blog sebenarnya dapat kita jadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran, ataupun media untuk memberikan pelajaran atau berbagi ilmu lho.
Pemanfaatan blog sebagai media belajar dan mengajar sedang bertumbuh secara pesat karena rata-rata penggunaan internet di Indonesia adalah para remaja serta pelajar, oleh karena itu media online seperti blog dirasa tepat sebagai media belajar maupun mengajar. Dalam memanfaatan penggunaan blog sebagai media pembelajaran juga menggunakan metode seperti yang kami kutip di situs ayongeblog.com dibawah ini :
Metode 1, yaitu blog guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Contoh dari guru yang telah menggunakan metode ini adalah Bapak Syafii Muhammad, Guru TIK SMPN 5 Balikpapan (gurusmp5.wordpress.com).
Metode 2, yaitu blog guru dan murid yang saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki blog, mengharuskan murid memiliki blog-nya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik. Contoh dari guru yang telah menggunakan metode ini adalah kang Awan Sundiawan, Guru Bahasa Indonesia SMA Kosgoro Kuningan Jawa Barat (awan965.wordpress.com).
Terakhir, Metode 3, yaitu komunitas blogger pembelajar. Ada sebuah blog sebagai pusat pembelajaran (bisa berupa blog aggregator atau blog dengan beberapa kontributor), dengan guru-guru dan siswa dari berbagai sekolah bisa tergabung dalam komunitas blogger pembelajar tersebut. Sebuah blog yang agak mirip dengan konsep ini tapi belum dimanfaatkan sebagi media pembelajaran bagi para muridnya adalah blog pengajar.web.id.
Oleh karena itu blog ini hadir ditengah-tengah maraknya penggunaan internet di Indonesia sebagai media yang membantu para pelajar yang suka online sekaligus selalu ingin belajar, serta para pengajar yang ingin berbagi ilmunya kepada siapa saja.
Manfaat Blog
-
Blog melatih siswa dalam mengembangkan
kreativitas menulis individu secara sistematis.
-
Blog sebagai media penarik minat.
Artinnya blog menarik seseorang untuk menuliskan pengalaman-pengalaman dan
minatnya.
-
Blog sebagai media menjaring network.
Melalui blog, kita juga bisa menjalin jaringan
network, terutama dengan orang-orang yang punya ketertarikan dan hobi yang
sama. Dari situ kita bisa bertukar
pengalaman dan informasi.
-
Blog sebagai fungsi sosial. Artinya tulisan yang
posting di blog adalah tulisan yang bernilai guna yang dapat bermanfaat bagi orang lain yang
membacanya.
-
Blog memberikan potensi untuk menjadi
penulis yang handal. Karena sudah terbiasa menulis, pasti kemampuan merangkai
kalimat si pengguna blog dalam menulis juga sudah terarah dengan baik.
-
Blog juga bermanfaat sebagai media
promosi produk/jasa tertentu. Contohnya promosi peralatan komputer.
-
Blog dapat dijadikan media belajar
alternatif seperti diskusi, forum dan lain-lain. Contohnya seperti guru/dosen
yang menggunakan blog untuk kepentingan diskusi pelajaran/mata kuliah. Untuk kepentingan diskusi
misalnya blog yang digunakan untuk mendiskusikan sebuah topik/konteks yang
sedang hangat dibicarakan untuk kemudian dicari solusinya. Sedangkan forum
contohnya seperti sharing atau konsultasi antara mahasiswa dengan dosen.
SSemoga kehadiran blog ini berguna bagi semuanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar