A. Latar Belakang
B. Tujuan
D. Penutup ( Harapan yang telah tercapai)
Di semester ini kami mengambil mata
kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak (PBAC). Pengembangan Bahan Ajar Cetak
(PBAC) merupakan mata kuliah bagi konsentrasi Media di jurusan Teknologi
Pendidikan di FIP UNJ, tetapi mata kuliah ini bisa diambil oleh konsentrasi
lain yaitu konsentrasi Teknologi Kinerja dan Pembelajaran. dalam jurusan
Teknologi Pendidikan PBAC dipelajari karena mengingat Misi Teknologi Pendidikan
yang memfasilitasi belajar salah satu cara yang dilakukan dengan mengembangkan
bahan ajar cetak karena Teknologi Pendidikan tidak selalu berhubungan dengan teknologi. Sebab
sebelum adanya teknologi bahan ajar yang ada disekolah-sekolah berasal dari media cetak
seperti buku, sampai sekarang buku pun masih digunakan walaupun teknologi sudah
semakin maju,
sebab dapat digunakan
dimana saja dan mudah didapat.
Bahan ajar cetak pun masih merupakan
sumber utama sebagai media pembelajaran karena lebih efektif, ekonomis,
fleksibel dan lebih tahan lama. Selain itu dengan adanya bahan ajar cetak mudah
disesuaikan dengan perkembangan zaman. Dalam pengembangannya bahan ajar cetak
dapat didesain semenarik mungkin sehingga peserta didik tertarik dan dapat
memudahkannya dalam proses pembelajaran. Dalam pendistribusiannya dapat
digunakan sampai
ke daerah pelosok yang
tidak terjangkau oleh teknologi atau media elektronik. Sehingga penggunaannya
dapat dirasakan oleh seluruh peserta didik di Indonesia.
Dalam mempelajari mata kuliah PBAC
ini diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar cetak sesuai dengan sasaran yang
dituju, dan dapat menciptakan inovasi dalam pendesainan bahan ajar cetak baik
secara internal maupun eksternal sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga
siswa tertarik dan mudah mengerti materi yang disampaikan sehingga tujuan
pembelajaran tercapai, dan
juga dapat menilai bahan ajar cetak yang baik dan berkualitas. Selain itu
bahasa yang digunakan sesuai dengan kaidah EYD (ejaan yang disempurnakan) yang
baik dan benar dalam Bahasa Indonesia.
Harapan
Umum :
Dapat
mengembangkan bahan ajar cetak sesuai dengan sasaran yang dituju sehingga
tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Harapan
Khusus :
- Menentukan Tujuan yang ingin dicapai
- Menentukan Sasaran yang dituju
- Menganalisis karakteristik peserta didik
- Menganalisis materi yang sesuai dengan dengan tujuan yang ingin dicapai
- Mengidentifikasi pokok pelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
- Menyusun pokok-pokok materi dalam urutan yang logis dan fungsional
- Mendesain bahan ajar (internal dan eksternal) sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang akan disampaikan
- Memeriksa sejauh mana langkah kegiatan belajar yang telah diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan
- Identifikasi alat yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan belajar
- Mengkaji bahan ajar yang telah disusun dalam proses pembelajaran
- Menilai hasil bahan ajar yang telah dikaji
- Memperbaiki bahan ajar sesuai dengan hasil yang telah dikaji agar sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan
C. Cara Mewujudkan Tujuan
Menurut kami cara untuk mewujudkan
tujuan tersebut dapat dilakukan apabila kami telah mempelajari lebih dalam
tentang mata kuliah PBAC sehingga kami
dapat mewujudkan/melaksanakannya sesuai dengan harapan kami, misalnya seperti :
- Mengikuti pertemuan sebanyak 18 kali pertemuan dalam satu semester ( absensi 100% masuk )
- Aktif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan didalam kelas dan di dalam forum ( facebook, email dan blog )
- Merefleksikan diri setiap akhir pertemuan
- Mengikuti kuis, ujian tengah semester dan akhir semester dengan baik dan benar
- Mengevaluasi hasil (nilai) yang diperoleh
- Mengerjakan tugas kelompok dan tes penguasaan individu dengan baik dan benar serta mengumpulkannya tepat waktu
- Banyak mempelajari sumber-sumber terkait dengan mata kuliah PBAC
- Berdiskusi dengan teman atau senior yang telah lulus mata kuliah PBAC
- Sering berkonsultasi dengan dosen dan asisten dosen mengenai materi dalam mata kuliah PBAC
- Sering mendatangi perpustakaan dan toko buku
- Terus mengasah kemampuan untuk melatih pola pikir yang kreatif sehingga dapat menghasilkan produk yang inovatif sesuai dengan harapan kami
- Sering melatih kemampuan non verbal dalam penulisan naskah sehingga dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam buku yang kami ciptakan
- Rajin berlatih menggunakan video tutorial dalam pembuatan layout buku yang menarik dan sesuai dengan sasaran yang dituju
- Lebih kritis dan lebih giat mencari informasi terbaru mengenai bahan ajar cetak dari berbagai sumber
- Terbuka dan berbesar hati menerima kritik dan saran demi karya pengembangan bahan ajar cetak yang lebih baik dari sebelumnya
- Terus berkarya dan terus mengembangkan bahan ajar cetak demi terus membantu mewujudkan cita-cita anak-anak bangsa
Karena kami baru melewati pertemuan pertama dalam mata kuliah
Pengembangan Bahan Ajar Cetak (PBAC) harapan kami yang telah tercapai setelah
pembelajaran dikelas dan kami dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi, kami mendapatkan
beberapa pertanyaan dari dosen kami yaitu bapak Sitepu mengenai PBAC. Dalam
kelompok diskusi itu kami dipacu untuk berpikir secepat mungkin, karena untuk
menjawab pertanyaan yang diberikan dibatasi waktu yang ditentukan oleh dosen. Kami
menjadi tahu banyak hal yang sebelumnya kami tidak tahu mengenai PBAC. Kami
menjadi tahu tujuan kami belajar PBAC, baik itu tujuan umum maupun tujuan
khusus. Kami menjadi tahu langkah-langkah apa yang harus kami lakukan terlebih
dahulu sebelum mengembangkan/membuat bahan ajar cetak. Misalnya memahami dan
mengalisis terlebih dahulu karakteristik sasaran (peserta didik) dan
kebutuhannya, dan lain-lain.
Selain itu
banyak ilmu yang kami peroleh melalui diskusi kelompok tersebut,
seperti pendapat dari kelompok
lain yang mengemukakan pendapat kelompok mereka masing-masing secara
bergantian. Salah satu kelompok mengemukakan pendapat kelompok mereka bahwa
Teknologi Pendidikan (TP), tidak selalu berhubungan dengan teknologi, karena
lulusan TP sebagai fasilitator harus bisa memfasilitasi belajar siswa, baik itu
yang bisa mengakses teknologi maupun yang tidak bisa mengakses teknologi karena
keadaan geografisnya yang tidak memungkinkan. Solusinya tentu dengan
menggunakan bahan ajar cetak, agar siswa didik yang tinggal di daerah terpencil
juga bisa merasakan ilmu yang menjadi kebutuhan pokok mereka untuk bekal di masa
depan yang lebih baik. Karena bahan ajar cetak sifatnya mudah dibawa
kemana-mana, mudah dalam penggunaannya, bisa dibaca berulang-ulang dan lebih
ekonomis. Tidak heran bahwa pada zaman yang serba modern ini bahan ajar cetak
seperti buku pelajaran masih menjadi media belajar utama di sekolah-sekolah di seluruh
dunia.
Dengan demikian
kami merasa beberapa harapan kecil kami sudah tercapai, ilmu kami bertambah. Nantinya
setelah perkuliahan ini selesai kami tentunya ingin harapan-harapan kami yang
lainnya bisa tercapai juga, seperti dapat membuat/mendesain bahan ajar cetak
yang baik dan menarik, guna membantu siswa didik dalam proses pembelajarannya
agar tujuan pembelajaran tercapai.
Terima
kasih ^_^
Dipublikasikan oleh :
- Desri Loli Syafriyani 1215115158
- Irma Nurmala 1215115136
- Rohimah 1215115133
- Tisa JN Novia 1215115138